• Latest News

    August 19, 2014

    Ini Kenapa Jalur Kereta Api Harus Banyak Batu Kerikil

    Foto : kaskus.com

    Bantalan Pemberat

    Batu kerikil yang berserakan di sekitar kereta api berfungsi sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ditempat rel dipasang dapat membuat rel tetap berdiri stabil. Dengan kondisi rel yang stabil, kereta api yang melintas diatasnya pun dapat berjalan dengan baik.

    Penyerap Getaran (Shock Absorber)

    Selain sebagai bantalan pemberat, batu kerikil juga berfungsi sebagai penyerap getaran 
    ( shock absorber) ketika kereta ai melintas. Dengan adanya penyerap getaran, goncangan yang terjadi dapat berkurang dan membuat rel kereta api dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama karena tidak gampang rusak.

    Menahan dan Memperlancar Aliran Air

    Fungsi utama dari batu kerikil ketika hujan adalah sebegai pencegah erosi atau pengikisan tanah disekitar rel kereta api dengan cara menahandan memperlancar aliran air hujan. Karena jika sampai terjadi erosi, kemungkinan dapat mengakibatkan tanah anjlok atau ambles dan menyebabkan kecelakaan serius bagi kereta yang melintas.

    Menghambat Tumbuhnya Tanaman Liar

    Tumbuhnya rerumputan maupun tanaman liar disekitar rel kereta api, secara langsung maupun tidak langsung dapat menggemburkan tanah dibawahnya. Akibatnya, tanah di bawah rel menjadi tidak stabil dan dapat menyebabkan kecelakaan kereta api.

    Meskipun batu kerikil memiliki beberapa manfaat yang sangat berfungsi bagi rel kereta api dan perjalanan kereta api, namun dibeberapa tempat tertentu tidak ditemukan batu kerikil disekitar rel. Misalnya rel kereta api yang dibangun diatas jembatan atau jalan raya, tidak ada kerikil yang diletakkan di dua tempat tersebut karena semua fungsi batu kerikil telah dialihkan ke mekanisme lain.

    Jembatan rel kereta api telah dirancang khusus agar dapat menahan getaran yang terjadi ketika kereta melintas. Begitu juga dengan rel kereta yang terdapat di jalan raya, aspal yang menjadi bahan pembuat jalan menggantikan fungsi kerikil dengan baik. Oleh karena itu di tempat-tempat tersebut tidak lagi diperlukan batu kerikil yang seharusnya diletakkan disekitar rel kereta api.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Ini Kenapa Jalur Kereta Api Harus Banyak Batu Kerikil Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top