• Latest News

    May 30, 2014

    Pengaruh Timur Tengah Dalam Dunia Fashion Indonesia


    Daerah timur tengah yang mempunyai ciri khas dalam berbusana in, ternyata sempat menjadi inspirasi para desainer fashion dunia. Beberapa fashion item yang berasal dari Timur Tengah sempat menjadi item wajib yang harus dimiliki para fashionista alias pecinta fashion. Bahkan diramalkan akan selalu muncul di setiap koleksi desainer tiap tahunnya. Penasaran, benda apa saja ya?

    • Keffiyeh (Kopiyah)   
    Keffiyeh berasal dari bahasa arab yaitu kufiya. Awalnya, keffiyeh dalah peniutup kepala tradisional para pria Arab. Terbuat dari bahan katun yang berbentuk segiempat yang kemudian dilipat dan dibentuk menjadi berbagai macam variasi lipatan yang kemudian dililit dikepala. Keffiyeh sering dipakai di daerah yang beriklim kering dan gersang untuk melindungi diri dari sinar matahari langsung, selain ini juga untuk menutupi mulut dan mata dari terpaan debu dan pasir. Pada perkembangannya, para penduduk Palestina menggunakan bahan keffiyeh yang terbuat dari campuran katun dan wool yang cepat menyerap air dan menghangatkan kepala serta melindungi dari panas.

    • Turban (Sorban)
    Asal mula turban berasal dari bahasa Persia dulban dan Turki tulbent. Turban merupakan penutup kepala yang terdiri dari satu helai kain panjang yang dililit memutar sesuai dengan arah panjang kain. Panjang turban sekitar 5 meter atau kurang, model dan ukurannya tergantung pada daerah, kebudayaan dan agama pemakainya. Di daerah Arab, turban merupakan penutup kepala yang wajib dikenakan para pria disana. Di daerah lain, turban dipakai untuk melindungi rambut yang tidak pernah dipotong, sehingga rambut yang sangat panjang tersebut dapat lebih mudah diatur dan ditutupi dengan memakai turban. Sedangkan pada negara bagian Barat, para pasien wanita yang terkena penyakit kanker dan kehilangan rambutnya akibat menjalani kemoterapi memakai turban sebagai penutup kepala.

    • Kaftan
    Kaftan, dalam bahasa Persia disebut Caftan yang merupakan pakaian yang menyerupai mantel atau jubah dari bahan katun atau sutera yang panjangnya hingga mata kaki. Dengan kancing pada bagian bawah depan, lengan panjang dan dipakai dengan ikat pinggang. Kaftan awal mulanya dipakai oleh para konstitusi Sultan Ottoman sebagai salah satu pakaian termewah di istana Istanbul. Bahkan, beberapa kaftan dianggap sangat bernilai tinggi sehingga diberikan kepada orang paling penting dalam festival keagamaan

    • Harem Pants
    Celana harem, merupakan celana yang memiliki potongan longgar pada bagian pinggul dan pesaknya serta mengecil pada bagian mata kaki, sedangkan bagian sampingnya terdapat tali yang diikatkan pada bagian depan. Harem pants biasanya dipakai oleh para penari perut, karena bahannya yang tipis dan potongannya yang longgar sehingga dapat membebaskan gerakan penari. Bahan yang dipakai berasal dari Chiffon, satin dan katun berwarna-warna cerah. Celana harem biasa dipadu padan dengan atasan tanpa lengan panjangnya yang di atas perut dan tudung kepala. Pada perkembangannya saat ini, celana harem menjadi inspirasi para desainer mancanegara, sehingga celana harem ini mengalami berbagai variasi model dan warna.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Pengaruh Timur Tengah Dalam Dunia Fashion Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top