• Latest News

    November 2, 2014

    Prilaku Ibu Saat Hamil Menentukan Karakter Anak Kedepannya


    Kondisi kesehatan fisik , psikis dan spiritual ibu adalah hal utama yang mempengaruhi kesehatan bayi yang dilahirkannya. Kondisi ibu perlu dipantau  selama masa kehamilah.

    Calon ibu diharapkan selalu memeriksakan kondisi fisik dan perkembangan calon bayinya selama kehamilan, dengan tujuan agar :

    1. Memelihara kesehatan tubuh dan jiwa calon ibu dan menemukan penyakit atau kesulitan proses perkembangan janin sedini mungkin.
    2. Menjamin kelahiran seorang bayi yang sehat dari ibu yang sehat.
    3. Menjaga kesehatan ibu setelah melahirkan.
    4. Memberi kesanggupan ibu agar dapat menjaga perkembangan janin

    Kondisi wanita yang sehat bukan hanya dibutuhkan ketika hamil saja tetapi juga pasca melahirkan. Bayi belum mampu mengurus dirinya sendiri, kehidupannya tergantung dari yang merawatnya. Dalam hal ini, ibundalah yang menjadi tumpuan harapan bagi kelangsungan hidup bayinya.

    Seperti kita ketahui bahwa sosok bayi, bukan hanya terdiri dari tubuh (fisik) semata tetapi juga ada jiwa dan roh yang hidup dalam dirinya.

    Beberapa literatur menyebutkan hasil penelitian bahwa ibu yang riang cenderung melahirkan bayi yang riang pula. Demikian juga ibu yang mudah menangis dan meratapi dirinya akan cenderung melahirkan bayi yang ,, rewel ".

    Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa janin dalam kandungan dapat merasakan apa yang dirasakan oleh sang ibu. Jika ibu terlibat perselisihan kemudian merasa jengkel selanjutnya akan mempengaruhi pengeluaran hormon dalam tubuh ibu. hormon ini juga akan mempengaruhi sifat bayi yang dikandungnya.

    Sikap ibu yang sedang hamil sebaiknya lebih dijaga sehingga hormon-hormon yang disalurkan pada bayinya lebih bersifat positif. Hormon yang diproduksi akan mampu mempengaruhi sifat bayi menjadi lebih tenang dan bijaksana.

    Beberapa studi menemukan hasil penelitian yang menyatakan bahwa anak yang antusias adalah anak yang memiliki pikiran positif. Anak yang berpikiran positif memiliki harga diri yang sehat. 80 % s/d 85 % dari anak yang berpikiran negatif akan kehilangan rasa harga diri mereka.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Prilaku Ibu Saat Hamil Menentukan Karakter Anak Kedepannya Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top