• Latest News

    June 4, 2014

    Keunikan Bangunan Klenteng Hok Tek Bio Cibinong


    Bangunan Klenteng Hok Tek Bio sangat megah berada di tengah-tengah kota cibinong tepatnya berada di jalan Raden Lukman Cirimekar No. 31 Cibinong, Bogor. 

    Berdiri pertama kalinya bangunan berarsitektur Cina ini tidak ada yang tahu akan tetapi Klenteng Cibinong dipugar pada tanggal 02 April 1989 dan diresmikan oleh pemerintah pada 26 Februari 1990 silam. Di tempat ini tidak hanya menyediakan tempat sembahyang umat Kong Hu Chu saja, tetapi terdapat Vihara bernama Amurwa Bhumi bagi umat Budha "sebut Sukardi " pengurus Klenteng 

    Yang lebih mengejutkan lagi terdapat bangunan Mesjid yang berdampingan dengan Hok Tek Bio tersebut sehingga pengunjung yang datang bukan hanya dari kalangan umat Budha saja, umat muslim pun berdatangan ingin melihat kebenaran adanya bangunan Mesjid itu. Luas keseluruhan dari bangunan tersebut sekitar 1.425 m persegi dan dikunjungi sekitar 200 orang setiap minggunya.

    Dupa dalam agama konghucu dianggap sebagai ciri khas, dupa juga digunak untuk menambah konsentrasi kepada Tuhan. Kertas warna kuning tersebut dianggap sembahyang yang diartikan untuk menabung. Warna merah identik dengan arti kemakmuran, kuning bearti kemuliaan. Naga hewan suci yang ada disurga menurut agama budha.

    Dalam melakukan kegiatan rutinya pengurus Klenteng sendiri sudah mempunyai program sosial diantaranya Bakti sosial pada masyarakat yang membutuhkan dan mendatangi Panti Jompo yang ada di wilayah Cibinong dan sekitarnya. 


    Kunjungan masyarakat sekitar

    Kunjungan Pelajar 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Keunikan Bangunan Klenteng Hok Tek Bio Cibinong Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top