• Latest News

    June 30, 2014

    Lapisan Ozon Sang Pelindung Bumi


    Suhu bumi makin panas, isu tentang pemanasan global semakin marak dibicarakan dimana-mana. Ternyata ini semua diakibatkan oleh penipisan lapisan ozon lho. Wah, kalau sampai lapisan ini bolong, dunia bakal porak poranda, nih!

    Ozon adalah salah satu gas yang membentuk atmosfer. 20% dari atmosfer terbentuk dari oksigen (O2) yang biasa kita gunakan untuk bernafas, dan hanya 1/3.000.000 nya yang terbentuk dari ozon. Ozon dihasilkan apabila oksigen menyerap sinar ultraviolet pada jarak gelombang 242 Nano Meter.

    Ozon berbeda dengan lapisan ozon, lho. Lapisan ozon adalah lapisan atmosfer yang berada pada ketinggian 19-48 km yang terbentuk dari partikel-partikel ozon. Lapisan ini terbentuk akibat pengaruh sinar UV terhadap oksigen. Sebenarnya kejadian sudah terjadi berjuta-juta tahun lalu, untungnya partikel nitrogen yang ada di atmosfer membuat lapisan ini tetap stabil.

    Pada awal tahun 80-an beberapa peneliti dari Antariksa mulai menyadari penipisan yang terjadi pada lapisan ozon. Peristiwa ini terjadi pada saat musim semi, dan dibutuhkan waktu sampai berbulan-bulan sebelum akhirnya lapisan ozon kembali menebal, walapun secara keseluruhan jumlahnya terus menurun. Padahal lapisan ini penting banget sebagai penyaring sinar Uv yang jatuh ke bumi dan mengurangi bahaya radiasainya.

    Setiap penipisan lapisan ozon sebanyak 10%, maka kebocoran sinar UV akan meningkat sebanyak 20%. Radiasi sinar UV tadi dapat mengakibatkan mata kita rusa, memperluas penyebaran penyakit infeksi dan memperbesar kemungkinan kanker kulit. Kalau terus dibiarkan berlarut-larut, radiasi tadi bisa mengakibatkan vaksinasi yang diberikan pada kita jadi nggak mempan, lho. Belum lagi radiasi tadi akan menciptakan asap beracun, dan terjadinya hujan asam.

    Bolongnya lapisan ozon menurunkan kemampuan organisme-organisme yang berfungsi menyerap karbondioksida (CO2). Akibatnya, zat CO2 ini jadi terperangkap didalam atmosfer dan membentuk gas rumah kaca, yang pada akhirnya membuat suhu bumi semakin panas, dan terjadilah pemanasan global. Dalam waktu 15 tahun terakhir sudah terjadi 10 kasus tahun terpanas, akibat efek pemanasan global tadi. Tahun 1998 adalah tahun terpanas sepanjang abad ke-20, yang mengakibatkan terjadi kebakaran hutan besar di Indonesia, Brazil, dan Australia.

    Zat kloroflourokarbon (CFC) yang biasanya terdapat pada alalt-alat pendingin dan stryrofoam sangat berbahaya bagi lapisan ozon. Karena bila dilepas ke atmosfer, CFC yang mengandung klorin ini akan terpecah oleh matahari sehingga menghancurkan partikel ozon. Satu molekul CFC dapat menghancurkan 100.000 molekul ozon. Makanya Amerika Serikat dan beberapa negara besar di dunia melarang penggunaan zat CFC ini.

    Berdasarkan data Sekretariat Ozon United nation Environment Programme (UNEP) pada tahun 1990-2000, ternyata pelaksanaan Protokol Montreal berhasil lho menekan emisi gas CO2 sebanyak 25 miliar ton.

    Pada tahun 1987, 36 negara menandatangani Protokol Montreal, yaitu suatu perjanjian untuk melindungi lapisan ozon. Pelarangan total terhadap CFC terjadi pada tahun 1990 atas usul komunitas Eropa atau Uni Eropa. desember 1995, lebih dari 100 negara setuju untuk secara bertahap menghentikan produksi Pestisida Metil Bromida yang diakibatkan menyebabkan lapisan ozon berkurang sebanayk 15%.

    ilustrasi saat matahari membakar bumi

    lapisan atmosfer yang melindungi bumi
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Lapisan Ozon Sang Pelindung Bumi Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top