• Latest News

    June 30, 2014

    Musang Mulai Dijadikan Binatang Kesayangan Anak Muda Cibinong

    Musang di pundak pemiliknya

    Musang adalah nama umum bagi sekelompok mamalia pemangsa (bangsa karnivora) dari suku Viverridae. Hewan ini kebanyakan merupakan hewan malam (nokturnal) dan pemanjat yang baik.

    Yang paling dikenal dari berbagai jenisnya adalah musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus). Musang ini biasa hidup di dekat pemukiman, termasuk perkotaan, dan sering pula didapati memangsa ayam peliharaan di malam hari.

    Ada banyak jenis musang. Beberapa contoh di antaranya:
    • Musang air (Cynogale bennettii), di Semenanjung Thai-Malaya, Sumatera, dan Kalimantan
    • Musang rase (Viverricula malaccensis sin. Viverricula indica), di Sumatra, Jawa dan Bali
    • Musang tenggalung (Viverra tangalunga), di Semenanjung Malaya dan Kalimantan
    • Musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus)
    • Musang akar (Arctogalidia trivirgata)
    • Musang galing (Paguma larvata)
    • Binturung (Arctictis binturong)
    • Linsang (Prionodon linsang)
    Komunitas Musang Cibinong yang ada saat ini didirikan pada bulan Mei tahun 2012, dan diketuai oleh ‘Raditya Pratama’. Banyak Kegiatan yang sering dilakukan selain merawat binatang yaitu bersosialisasi, bakti sosial serta memelihara binatang musang yang terbengkalai dari pemiliknya. 

    Dalam bersosialisasi sebulan 8 kali pertemuan komunitas ini berkumpul yaitu sabtu sore dan minggu sore. Terkadang banyak suka dalam komunitas ini yaitu melihat hewan-hewan kami berkembang dengan baik, mereka ceria, sedangkan dukanya kalau salah satu dari binatang kami mati, susah makan, ataupun sakit. 

    Dalam perjalanannya Komunitas ini sudah mendapatkan prestasi yaitu juara 2 dalam kompetisi musang di Jakarta. Komunitas ini beranggotakan 30-40 orang, tempat berkumpulnya di Bogor jalan Tegar Beriman (Taman air mancur pemda). 

    Untuk kalian yang ingin masuk kami tidak membatasi kalangan apapun dari muda hingga tua dapat bisa berkumpul dengan kami dan kami tidak mengharuskan kalian punya binatang tetapi mengharuskan kalian punya jiwa rasa sayang oleh binatang, perawat, dan penyabar dan selalu memantau kondisi binatang tersebut. 

    Kami memilih binatang sebagai objek kami karena binatang adalah salah satu makluk hidup yang mengasikkan dan kami ingin menjaganya supaya binatangnya tidak punah "kata Deri , salah satu anggota komunitas musang.


    Saat berkumpul di pemda Kab. Bogor

    Musang dan pemiliknya

    Musang Ikut Jalan santai di pemda

    Memperkenalkan Musang pada pengunjung
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Musang Mulai Dijadikan Binatang Kesayangan Anak Muda Cibinong Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top