• Latest News

    June 23, 2014

    Mencermati Nyeri Pada Saat Menstruasi


    Banyak kaum perempuan yang merasa nyeri saat haid atau menstruasi. Sebenernya hal ini wajar karena nyeri ini timbut saat otot rahim bergerak untuk mengeluarkan darah menstruasi, namun ada jenis nyeri haid yang bisa menjadi indikasi ganguan kesehatan yang serius.

    Nyeri haid yang luar biasa sejak sebelum hingga setelah menstruasi bisa mengindikasikan sejumlah gangguan reproduksi . Lebih-lebih bila nyeri  disertai dengan pusing, mual dan muntah. Seorang perempuan perlu memeriksakan diri karena kemungkinan ada resiko sejumlah gangguan kesehatan. Misalnya , Kista, Radang dinding rahim, atau kelainan bentuk rahim. Nyeri ini biasanya terasahingga panggul dan punggung.

    Membedakan jenis nyeri haid biasa dengan nyeri haid yang mengindikasikan gangguan kesehatan memang tidak mudah dilakukan. Selain gejala lain yang menyertai seperti pusing, mual dan muntah hampir tidak ada indikasi yang menonjol. Jadi, jika merasa nyeri haid tidak wajar ada baiknya anda segera memeriksakan diri untuk mengetahui kondisi lebih lanjut.

    Dari Pola Makan.

    Bagi kaum perempuan, gejala Premenstrual Syndrome (PMS) hati yang sensitif, PMS memiliki indikasi nyeri perut, perut kembung, sembelit, atau justru diare, pusing, mudah lelah dan nafsu makan meninggkat atau justru menurun.

    Biasanya gejala ini akan menghilang dengan sendirinya seiring berlalunya masa menstruasi. Untuk menangani nyeri perut sebenarnya ada beberapa cara salah satunya dari pengaturan pola makan.

    Jenis makanan yang bisa dikonsumsi saat PMS menyerang antara lain adalah Nasi merah sebagai sumber karbohidrat. protein bisa didapatkan dari produk susu, telur dan ikan-ikan yang kaya akan kandungan omega 3. Konsumsi sayur-mayur juga tidak boleh dilupakan. Demikian pula dengan konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral.

    Nyeri perut memang tidak seketika menghilang ketika seseorang mengkonsumsi makanan tersebut. Namun, konsumsi makanan tersebut membantu menjaga keseimbangan hormon dan menstabilkan gula darah.

    Apabila nyeri haid tidak tertahan, sebaiknya anda jangan memaksakan diri melakukan aktifitas yang menyita energi. Ambilah izin dari tempat kerja atau sekolah ketika mengalami haid tidak tertahan.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Mencermati Nyeri Pada Saat Menstruasi Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top