• Latest News

    January 10, 2015

    Cara Aman Untuk Pengolahan Limbah Industri

    gambar : nanosmartfilter.com

    Pengolahan limbah industri memerlukan strategi atau cara tertentu yang dilakukan dengan mengadakan survey ke pabrik-pabrik khususnya untuk pelaksanaan program penanganan limbah yang ekonomis.

    Selanjutnya mengidentifikasi sumber-sumber air yang tidak terkontaminasi dan yang terkontaminasi agar dapat digunakan kembali, untuk limbah yang pekat dipisahkan  dalam pengolahannya karena dimungkinkan menghasilkan bahan yang lebih berguna.

    Penanganan limbah pekat ini dapat lebih ekonomis bila dibandingkan dengan effluent yang lebih encer, karena pada effluent yang lebih encer memerlukan pompa dan penampungan untuk mendapatkan bahan yang terkandung didalamnya.

    Pengujian laboratorium diperlukan untuk mendapat teknik seperti tekhnik menurunkan kadar garam, tekhnik mengkoagulasi partikel tesuspensi dan koloid serta mencegah emulsi. Strategi untuk menanggulangi atau menagani limbah dikenal dengan istilah 3R yaitu Reduced, Re-used, dan Re-Cycled. Pengertian dari 3R tersebut adalah :

    1. Reduced : Mengurangi seminim mungkin terbentuknya limbah dengan memperbaiki proses pengolahan

    2. Re-used : memanfaatkan limbah untuk bahan bakar selama prosesing pada umumnya dikaitkan dengan sumber air untuk pemanfaatannya.

    3. Re-Cycling : Mengolah kembali sebagai bahan dasar pemrosesan khususnya untuk limbah-limbah industri yang masih mengandung sejumlah bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan, pakan ternak, pembenah tanah dan bahan bakar.

    Daya buangan industri harus mempunyai nilai BOD antara 40.000 sampai 70.000 mg/I-1 untuk limbah yang mengandung miselium jamur dan 10.000-25.000 mg/I-1 untuk nilai BOD buangan industri alkohol.

    Beberapa penanganan dan pembuangan limbah cair dapat dilakukan dengan cara :

    1. Membuang effluent tidak berbahaya kesungai atau laut tanpa perlakuan terlebih dahulu
    2. Membuang effluent tidak berbahaya ketanah, lagoon, dimasukan ke sumur
    3. Sebagian effluent tidak berbahaya dibuang langsung tanpa perlakuan dan sebagian diperlakukan terlebih dahulu sebelum dibuang
    4. Pengiriman semua effluent dikirim ke penampungan limbah untuk diberi dan diperlakukan (treatment) pengolahannya.
    5. Semua effluent ditangani terlebih dahulu di industri itu sendiri
      
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cara Aman Untuk Pengolahan Limbah Industri Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top