• Latest News

    January 10, 2015

    Apa Benar Warna Baju Dapat Mempengaruhi Serangan Nyamuk ?

    gambar : demamberdarah.net

    Ada sebagian orang mengatakan warna baju yang cerah dapat mempengaruhi kita dari serangan nyamuk karena panca indranya yang sensitif benarkah itu ?

    Menurut Dr.Ir. Hermanu Triwidodo, M.Sc, PhD dari Pusat Kajian Pengendalian Hama Terpadu Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor dalam kajiannya mengatakan secara umum serangga memang tertarik dengan warna atau cahaya tertentu.

    Akan tetapi mata nyamuk justru kurang berfungsi dengan baik dibanding antenanya yang berguna sebagai indera penciuman atau sensor kimia pada saat akan melakukan serangan terhadap manusia.

    Nyamuk mendeteksi posisi mangsanya justru dari perbedaan suhu dan konsentrasi  karbondioksida di udara. Dengan mendekati suhu tubuh yang lebih panas dari suhu ruangan dan konsentrasi karbondioksida yang lebih pekat, nyamuk dapat melihat mangsanya dengan mudah.

    Uniknya yang bertugas menggigit dan mengisap darah hanya nyamuk betinanya saja nyamuk jantan cuma bertugas membuahi, lalu mati " ungkap hermanu. Nyamuk betina ini dapat kita deteksi dari suara kepakan sayapnya yang sangat keras dan menggangu kita saat sedang santai maupun istirahat.  
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Apa Benar Warna Baju Dapat Mempengaruhi Serangan Nyamuk ? Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top