• Latest News

    January 10, 2015

    Fungsi Aluminium Foil Bagi Kemasan

    gambar : alueurope.eu
    Aluminium Foil adalah bahan kemasan berupa lembaran logam aluminium yang padat dan tipis dengan ketebalan kurang lebih 0,15 mm. Kemasan ini mempunyai tingkat kekerasan dari 0 yaitu sangat lunak, hingga H-n yang berarti keras. Semakin tinggi bilanganH-, maka aluminium foil tersebut semakin keras.

    Ketebalan dari aluminium foil menentukan sifat prospektifnya jika kurang tebal, maka foil tersebut dapat dilalui oleh gas dan uap.  Pada ketebalan 0.0375 mm, maka permeabilitasnya terhadap uap air = 0 artinya foil tersebut tidak dapat dilalui oleh uap air. Foil dengan ukuran 0.009 mm biasanya digunakan untuk permen dan susu, sedangkan foil ukuran 0.05 mm digunakan sebagai tutup botol multitrip.

    Sifat-sifat dari aluminium foil adalah hermetis, fleksibel, dan tidak tembus cahaya sehingga dapat digunakan untuk mengemas bahan-bahan yang berlemak dan bahan-bahan yang peka terhadap cahaya seperti margarin dan yoghurt. Aluminiun foil banyak digunakan sebagai bahan pelapis atau laminan, kombinasi aluminium foil dengan bahan kemasan lain dapat menghasilkan jenis kemasan baru yang disebut dengan retort pouch.


    Syarat Retort Pouch adalah harus mempunyai daya simpan yang tinggi, teknik penutupan mudah, tidak mudah sobek bila tertusuk dan tahan terhadap suhu sterillisasi yang tinggi. Retort Pouch sendiri mempunyai keunggulan dibanding kaleng yaitu :

    1. Memiliki luas permukaan yang lebih besar dibandingkan kaleng dan kemasannya tipis sehingga memungkinkan terjadinya penetrasi

    2. Memiliki sifat perambatan panas yang lebih cepat dan lebih efisien, dengan demikian waktu sterillisasi akan berkurang, maka mutu produk dapat diperbaiki, karena nilai gizinya lebih tinggi dan sifat-sifat sensori seperti rasa, warna dan tekstur dapat dipertahankan

    3. Retor Pouch lebih disukai konsumen karena praktis dan awet

    4. Produk yang telah di sterillisasi dalam kemasan retort pouch dapat langsung dikonsumsi tanpa harus dipanaskan

    5. Pemanasan cukup mudah, yaitu dengan cara memasukan kemasan retort pouch kedalam air mendidih selama 5 menit

    6. Dapat dipanaskan dalam Microwave oven
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Fungsi Aluminium Foil Bagi Kemasan Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top