• Latest News

    January 15, 2015

    Mengenali Karakter Para Konsumen dan Cara Menghadapinya


    Dalam dunia bisnis dan perdagangan kita mengenal istilah Produsen/ si penjual dan Konsumen si pembeli nah ada beberapa karakter yang terdapat dari si pembeli atau konsumen disaat kita sedang dalam melakukan transaksi atau negosiasi mari kita kenali prilakunya.

    1. The decided customer

    Adalah tipe konsumen yang telah mengetahui apa yang diinginkan dan penjual harus cepat mengambil barangnya. Untuk menghadapi konsumen semacam ini, misalnya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan memberikan keterangan padanya harus bersifat khusus tidak perlu memberikan keterangan yang bersufat umum

    2. The know it all customer

    Adalah tipe konsumen yang seolah-olah mengetahui segalanya tentang produk, dialah yang bercerita pada penjual walaupun apa yang diceritakannya itu tidak seluruhnya benar, tetapi penjual tidak usah membantahnya. Untuk menghadapi konsumen semacam ini, misalnya penjual dapat memberikan keterangan-keterangan yang tepat secara bijaksana dengan menempuh cara yang tidak langsung dan ini bisa mempengaruhi sikap konsumen tersebut.

    3. The deliberate customer

    Adalah tipe konsumen yang menghendaki fakta-fakta kadang-kadang diberikan data tentang kontruksi dan cara-cara penggunaan barang yang akan dibelinya. Tipe konsumen semacam ini memerlukan waktu lama untuk mempertimbangkan setiap pembeliannya.

    4. The undicided customer

    Adalah tipe konsumen yang sukar untung mengambil keputusan biasanya ia sukar dalam menentukan ukuran dan warna dari barang yang akan dibelinya. Untuk menghadapi konsumen semacam ini adalah dengan menncoba menetukan apa sebenarnya yang dibutuhkan konsumen itu. Penjual harus berusaha mengerahkan perhatiannya dan membantu konsumen tersebut dalam mengambil keputusan

    5. The talkative customer 

    Adalah konsumen yang tidak pasti biasanya ia senang mengobrol tetapi tidak mengarah kepada pembelian. Untuk menghadapinya jika pada saat itu yidak banyak konsumen yang lain maka penjual bisa melayani obrolan itu dan mengarahkan pembicaraan sedikit demi sedikit ke arah pembelian.

    6. The silent timid customer

    Adalah tipe konsumen yang grogi biasanya ia merasa agak canggung didalam toko dan merasa takut kalau kekurangan pengetahuannya tentang suatu barang yang akan menjadi nyata jika ia bertanya-tanya . Untuk menghadapi konsumen seperti ini jangan menunjukan kesan bahwa konsumen ini tidak mengetahui apa-apa tentang suatu barang.

    7. The decided but mistaken customer

    Adalah tipe konsumen terencana dengan pasti biasanya ia mendatangi toko dengan suatu keputusan dalam pikirannya untuk membeli suatu barang tertentu tetapi menurut penjual pilihannya itu tidak sesuai denganmaksud penggunaanya. Untuk menghadapi  konsumen semacam ini tidak perlu berdebat dengannya , tetapi perlu menyarankan penggunaan dan manfaat dari barang tersebut dan barang yang seharusnya dibeli

    8. The I get discount customer

    Adalah tipe konsumen yang selalu menghendaki potongan harga dari barang yang dibeli. Untuk menghadapinya cukup dengan menginformasikan bulan-bulan tertentu yang ada diskonnya.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengenali Karakter Para Konsumen dan Cara Menghadapinya Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top