• Latest News

    January 24, 2015

    Mengenal Dari Mana Makanan Surabi Ini Berasal


    Serabi atau surabi berasal dari bahasa sunda yaitu “sura” yang berarti besar. Dalam bahasa Jawa yaitu “suro” artinya juga besar. Bisa jadi berhubungan dengan fakta unik keempat. Keaslian Serabi sebagai Kue Khas Indonesia masih diperdebatkan.

    Menurut pakar kuliner, Bondan Winarno, asal muasal Serabi ada dua kemungkinan. Pertama, dari india. Disana, kudapan dari tepung beras dan santan disebut appam. Kedua, pengaruh dari Belanda. Terutama bila dilihat ada jajanan di Sumatera Barat yang disebut pinukuik (pancake dalam bahasa Belanda).

    Jenisnya bermacam-macam dan ada di berbagai daerah di Indonesia.

    Di Jawa Barat, disebut Serabi Bandung. Menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama dan disajikan dengan kuah dari gula jawa dan santan. Ada juga serabi rengasdengklok yang umumnya berwarna hijau karena mengandung bahan pendukung daun suji. 

    Adonannya selain tepung beras juga dicampur tepung ketan dan disajikan dengan saus gula merah. Di Kuningan, serabi dimakan dengan gorengan seperti pia-pia (bakwan sayur), goreng oncom, cireng atau comro. Di Jawa tengah, disebut Serabi Solo. 

    Bahan utamanya tepung beras dan santan. Di Jakarta, disebut Kue Ape. Menggunakan tepung terigu dan susu sebagai bahan utama dan cenderung seperti serabi solo yang bertekstur lembut. Di ranah minang serabi menggunakan kuah dari campuran gula dan buah-buahan, terutama serabi kuah durian yang paling banyak dicari.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengenal Dari Mana Makanan Surabi Ini Berasal Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top