• Latest News

    July 8, 2014

    Wahh, Ada Air Di Bulan


    Sampai saat ini eksplorasi terus dilakuin di bulan. Beberapa wahana yang melakukan eksplorasi, sedikit demi sedikit membuahkan hasil. Misi yang dilakukan secara terpisah, nemuin air di bulan. Kabarnya nih, terdapat air di kutub-kutub bulan. Dan katanya lagi, kemungkinan besarnya terbentuk karena angin matahari.

    Sekarang ini airnya bergerak aktif. cuma, biarpun sering muncul, sering juga menghilang, campur dengan debu di permukaan bulan. Sebuah data yang diambil dari Brown University di Rhode Island (misi chandrayan-1). India, nemuin bukti spectographic tentang adanya air. Oiya, air yang ditemuin ini bukan di danau, laut atau genangan, tapi air dalam bentuk molekul air dan hydroxyl (hydrogen dan oksigen) yang berinteraksi dengan molekul batuan dan debu di lapisan atas permukaan bulan.

    Penelitian yang dilakukan oleh Jessica sunshine dari University of maryland, dengan menggunakan Deep Impact melakukan pemetaan infra merah, berhasil menemukan air di bulan. Sementara Roger Clark dari U.S.Geological Survey yang mengguanakan spectometer (analisa unsur dan senyawa benda melalui gelombang cahaya) dalam penelitiannya dari wahana Cassini, juga menemukan adanya air di bulan.

    Katanya sih, dugaan adanya air di bulan udah cukup lama terdeteksi oleh badan Antariksa Amerika (NASA). makanya NASA sempat bikin pangkalan disana. tapi apapun, penelitian dan temuan baru tentang adanya air di bulan, pastinya makin menegaskan penemuan sebelumnya. makanya, gak aneh kalo NASA pengen terus bereksplorasi lebih dalam lagi di bulan.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Wahh, Ada Air Di Bulan Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top