• Latest News

    April 25, 2014

    Organisasi Pada Zaman Pendudukan jepang


    Pada awal kedatangannya, kepang menjelaskan bahwa perang melawan sekutu akan dimenangkan jepang. Jepang menjanjijan akan membebaskan Bangsa Indonesia dari penjajahan Bangsa Belanda. Untuk itu, jepang membentuk beberapa organisasi di Indonesia. Beberapa organisasi yang dibentuk oleh jepang adalah sebagai berikut:

    1. Putera (Pusat Tenaga Rakyat)

    Jepang mendirikan organisasi Putera pada tanggal 9 Maret 1943. Organisasi tersebut dipimpin Ir. Soekarno, Drs. Moh Hatta, Ki Hajar Dewantoro, dan K.H. Mas Mansyur yang terkenal dengan sebutan “Empat Serangkai”.

    Organisasi Putera didirikan dengan tujuan mengerakkan tenaga rakyat untuk membantu jepang dalam aksi militernya. Akan tetapi, perjuangan itu bertentangan dengan harapan jepang. Putera dijadikan alat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Melalui Putera, para pejuang membangkitkan semangat seluruh rakyat Indonesia.

    2. Heiho (Pembantu Prajurit Jepang)

    Untuk memperkuat angkatan perangnya, Jepang memberi kesempatan para pemuda Indonesia yang berusia 18-25 tahun untuk dilatih menjadi Heiho. Heiho terdiri atas dua macam yaitu angkatan darat dan angkatan laut. Pelajaran yang diberikan pada Heiho, selain latihan kemiliteran, juga dibangkitkan rasa semangat (seishin), jiwa satria (bushido), kediplinan, dan memberantas rasa rendah diri.

    3. Peta (Pembela Tanah Air)

    Peta dibentuk tanggal 3 Oktober 1943, atas usul Gatot Mangkupraja. Tentara Peta bertugas menjaga daerahnya masing-masing. Didalam Peta terdapat lima jenis komandan, yaitu komandan batalion (daidanco), komandan kompi (cudanco), komandan peleton (shodanco) dan komandan regu (bundanco), dan komandan prajurit suka rela (giyuhei). Namun, kekejaman tentara jepang terhadap bangsa Indonesia membuat Peta memberontak. Akhirnya, badan-badan kemiliteran yang dibentuk jepang dimanfaatkan untuk melawan jepang. Latihan militer yang diberikan sangat besar manfaatnya bagi bangsa Indonesia.

    4. Romusa

    Romusa adalah pekerja paksa yaitu orang-orang yang dipaksa bekerja berat pada zaman pendudukan jepang. Romusa dipaksa bekerja untuk kepentingan jepang tanpa diberi upah. Beberapa sebab terjadinya pengerahan romusa oleh jepang di Indonesia di antaranya adalah sebagai berikut:

    a) Untuk membantu jepang dalam perang melawan sekutu.

    b) Untuk membantu jepang memanfaatkan kekayaan alam di Indonesia.

    c) Untuk membangun lapangan terbang, jalan, dan sarana perang.

    Akibat yang ditimbulkan romusa bagi bangsa Indonesia adalah menderita lahir batin. Para romusa mendapat siksaan dan hukuman yang tidak menusiawi bila menentang jepang. Kemiskinan, kelaparan, wabah penyakit, dan berbagai macam penderitaan merupakan akinat yang nyata dari pengerahan romusa.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Organisasi Pada Zaman Pendudukan jepang Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top