• Latest News

    April 8, 2014

    Awal Perkembangan Stand-Up Comedi Di Dunia


    Dalam stand- up comedy , umpan balik dari penonton sangat penting untuk memberikan hal yang menarik dan lucu . Audiens berharap stand-up komik dapat menyediakan bahan tertawaan. 

    Sementara acara komedi stand-up mungkin melibatkan hanya satu komedian , sebagian besar menunjukkan fitur " headline " format , atau " showcase " format . Sebuah format headline biasanya dilengkapi pembuka dikenal sebagai tuan rumah , compere ( UK ) , atau pembawa acara ( MC ) yang biasanya penghangat kerumunan , berinteraksi dengan penonton , membuat pengumuman , dan memperkenalkan para pemain lainnya . Ini diikuti dengan satu atau dua " tengah " atau " fitur " tindakan , yang melakukan lebih pendek 15-20 menit set , diikuti dengan headliner yang melakukannya lebih lama . 


    Perkembangannya di Inggris

    Inggris memiliki warisan panjang stand- up comedy , yang dimulai di aula musik dari abad ke-18 dan ke-19 . Artis terkenal yang bangkit melalui rangkaian music hall abad kedua puluh adalah Morecambe dan Wise , Arthur Askey , Ken Dodd dan Max Miller , yang dianggap sebagai klasik musik -hall komedian . Rezim sensor berat Office Tuhan Chamberlain diperlukan semua komedian untuk mengirimkan tindakan mereka untuk sensor. Tindakan itu akan dikembalikan dengan bagian yang tidak dapat diterima digaris bawahi dengan pensil biru (mungkin menimbulkan istilah " biru " untuk komedian yang bertindak dianggap mesum atau cabul ) . Pelawak itu kemudian diwajibkan untuk tidak menyimpang dari tindakan dalam bentuk diedit . 

    Pada akhir Perang Dunia II , banyak anggota Angkatan Bersenjata telah mengembangkan rasa untuk komedi ( stand-up atau sebaliknya ) dalam partai konser perang dan pindah ke hiburan profesional . Eric Sykes , Peter Sellers dan preman lainnya , dan Tommy Cooper semua memulai karir mereka dengan cara ini . 

    Munculnya komedian pascaperang bertepatan dengan munculnya televisi dan radio , dan sirkuit music hall tradisional sangat menderita sebagai hasilnya . Sedangkan pemain aula musik bisa bekerja selama bertahun-tahun menggunakan hanya satu tindakan , paparan televisi menciptakan permintaan konstan untuk materi baru , meskipun hal ini mungkin juga bertanggung jawab atas penghentian sensor teater pada tahun 1968 .

    Pada 1970-an , ruang hiburan musik itu hampir mati . Sirkuit alternatif telah berevolusi , seperti Klub Kerja Pria , Beberapa komedian lebih berhasil bekerja di Pria Klub sirkuit - . Termasuk Bernard Manning , Bobby Thompson , Frank Carson dan Stan Boardman - akhirnya membuat jalan mereka ke televisi melalui acara seperti The Wheeltappers dan Shunters Social Club . Adegan " alternatif" komedi juga mulai berkembang . Beberapa keberhasilan awal datang dari klub rakyat , di mana pemain seperti Billy Connolly , Mike Harding dan Jasper Carrott memulai pertunjukan musik sebagai relatif lurus yang antara lagu - olok-olok berkembang menjadi rutinitas komedi lengkap .

    Tahun 1960-an juga telah melihat boom satire , termasuk penciptaan klub , The Establishment , yang , antara lain , memberikan penonton British rasa pertama mereka Amerika stand- up comedy yang ekstrim dari Lenny Bruce . Victoria Wood meluncurkan warungnya -up karir di awal 1980-an , yang melihat percakapan observasional dicampur dengan lagu-lagu komedi . Wood adalah untuk menjadi salah satu komedian paling sukses di negara itu , pada tahun 2001 menjual Royal Albert Hall selama 15 malam berturut-turut .

    Pada tahun 1979 , Amerika - gaya klub stand- up comedy , Comedy Store , London dibuka di London oleh Peter Rosengard , di mana banyak bintang komedi alternatif tahun 1980-an , seperti Dawn French dan Jennifer Saunders , Alexei Sayle , Craig Ferguson , Rik Mayall dan Ade Edmondson memulai karir mereka . di stand-up komedi sirkuit cepat berkembang dari London di Inggris . Rangkaian komedi stand-up British hadir muncul dari 'alternatif' revolusi komedi tahun 1980-an , dengan humor politik dan pengamatan menjadi gaya menonjol untuk berkembang . Pada tahun 1983 guru drama muda Maria Kempinska menciptakan Jongleurs Klub Komedi , sekarang yang terbesar Stand- up comedy rantai di Eropa .

    Hal ini diyakini bahwa berdiri komedi awalnya dilakukan sebagai satu orang. Akhir-akhir ini , jenis acara mulai melibatkan sekelompok komedian muda , terutama di Eropa 


    Perkembangan nya di Amerika


    Amerika Utara stand- up comedy berakar dalam berbagai tradisi hiburan populer akhir abad 19 termasuk vaudeville , Inggris Music Hall , Minstrel menunjukkan , monolog humoris dengan kepribadian seperti Mark Twain dan Norman Wilkerson , dan sirkus kejenakaan badut . Komedian era ini sering mengenakan etnis persona - Afrika , Skotlandia , Jerman , Yahudi - dan membangun rutin yang didasarkan pada stereotip populer. Jokes umumnya luas dan material juga banyak diberikan , atau dalam beberapa kasus.
    Para pendiri Amerika stand- up comedy modern termasuk Moms Mabley , Jack Benny , Bob Hope, George Burns, Fred Allen , Milton Berle dan Frank Fay yang semuanya berasal dari vaudeville atau Chitlin ' Circuit . Mereka berbicara langsung ke penonton sebagai diri mereka sendiri , di depan tirai , yang dikenal sebagai melakukan " dalam satu " . Frank Fay mendapat pujian sebagai " pemimpin upacara " di New York Palace Theater dan dikreditkan dengan menciptakan gaya abad ke-20 stand-up .

    Klub malam dan resort menjadi tempat berkembang biak baru untuk stand- up . Kisah seperti Alan King, Danny Thomas , Martin dan Lewis , Don Rickles , Joan Rivers dan Jack E. Leonard berkembang di arena ini baru .

    Pada 1950-an dan ke tahun 1960-an , stand- up seperti Mort Sahl mulai mengembangkan tindakan mereka di klub-klub rakyat kecil seperti San Fransisco lapar ( asal dari mana-mana " dinding bata " di belakang komedian ) atau Bitter End New York . Komedian ini menambahkan unsur satire sosial dan diperluas baik bahasa dan batas-batas stand-up merambah ke dunia politik , hubungan ras , dan humor seksual . Lenny Bruce kemudian dikenal sebagai 'the' komik cabul ketika ia menggunakan bahasa yang biasanya menyebabkan penangkapannya . Setelah Lenny Bruce , penangkapan untuk bahasa cabul di panggung hampir menghilang sampai George Carlin ditangkap pada 21 Juli 1972 di Milwaukee Summerfest setelah melakukan rutin " Tujuh Kata-kata Anda Tidak Bisa dikatakan di Televisi " ( kasus terhadap Carlin akhirnya dipecat ) .

    Komik terkenal lainnya dari era ini termasuk Woody Allen , Shelley Berman , Phyllis Diller , dan Bob Newhart . Beberapa komedian Black- Amerika seperti Redd Foxx , George Kirby , Bill Cosby dan Dick Gregory mulai menyeberang ke penonton putih selama waktu ini .

    Stand- up pada tahun 1970 melihat beberapa penghibur menjadi bintang utama berdasarkan pertunjukan komedi stand-up . Richard Pryor dan George Carlin mengikuti gaya masam Lenny Bruce untuk menjadi ikon Stand- up diperluas dari klub , resor, dan rumah-rumah kopi ke konser besar di arena olahraga dan amfiteater . Steve Martin dan Bill Cosby memiliki tingkat keberhasilan dengan rutinitas komik lembut .

    Gaya yang lebih tua dari stand- up comedy (tidak ada sindiran sosial ) itu tetap hidup oleh Rodney Dangerfield dan Buddy Hackett , yang menikmati karir dihidupkan kembali di akhir hidupnya . Program televisi seperti Saturday Night Live dan The Tonight Show membantu mempublikasikan karir komedian lainnya stand-up , termasuk Bill Maher dan Jay Leno .

    Dari tahun 1970 ke tahun 90-an , gaya yang lebih masuk akal komedi mulai muncul , dipimpin oleh stylings gegabah dari Robin Williams , pengamatan aneh Jerry Seinfeld dan Ellen DeGeneres , renungan ironis Steven Wright , dan mimikri dari Eddie Murphy . Komedian ini akan berfungsi untuk mempengaruhi generasi berikutnya komedian , termasuk Kevin Hart , Chris Rock, Doug Stanhope , Tim Hagele , Doug Benson , Bill Hicks , Bill Burr , David Cross, Louis CK , Mitch Hedberg , Jim Norton , Dave Foley , Todd kaca , Joe Rogan , dan Sarah Silverman .
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Awal Perkembangan Stand-Up Comedi Di Dunia Rating: 5 Reviewed By: BS
    Scroll to Top